Posisi Engineer di Kementrian Keuangan

Dari penyampaian Pak Rofyanto, saya semakin tertarik untuk mengenal lebih dalam pekerjaan sebagai engineer di Kementerian Keuangan. Awalnya saya berpandangan bahwa pegawai di Kemenkeu harus berpendidikan seputar perekonomian atau keuangan selaras dengan nama lembaganya. Nyatanya saya dan Pak Rofyanto yang berlatar Teknik Sipil bisa menjadi bagian dari Kemenkeu. Tidak hanya Teknik Sipil, teman-teman teknik lainnya juga dapat berkarya sesuai dengan bidang yang ingin ditangani. Salah satu cara mudah menentukan posisi yang cocok adalah dengan melihat sektor yang akan dievaluasi laporan keuangannya.

Dari penjelasan beliau, saya dapat memahami bagaimana proses internal kerja Kemenkeu khususnya di Dirjen Anggaran tempat beliau bekerja. Ternyata ada proses yang bagi saya begitu rumit dalam penganggaran APBN. Dengan sistem yang serumit itu saja masih ada banyak celah dan peluang korupsi di berbagai K/L seperti yang terjadi di Kementerian Sosial dan Kementerian Kelautan & Perikanan. Ini menunjukkan bahwa proses analisis dan evaluasi usulan serta laporan keuangan sangat penting untuk menjaga integritas dan mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Selain itu, ada banyak penjelasan yang mengenalkan saya dengan struktur organisasi Kemenkeu dan memberi gambaran tanggung jawab yang harus dipikul masing-masing Direktorat. Berbagai insight yang disampaikan juga mudah saya terima karena alasan diperlukannya peran engineer dalam proses analisis beliau sampaikan secara sederhana. Sayangnya di tahun kelulusan saya beliau menyampaikan belum ada lowongan yang dibuka untuk menjadi engineer di Kemenkeu.


Comment

Menu